Brand Fesyen Langganan Artis Korea Jadikan Batik sebagai Koleksi
KOMPAS.com - Eksistensi batik sebagai wastra Nusantara di kancah global semakin terdengar gaungnya.
Kali ini batik dijadikan brand feysen Kim Seo Ryong yang menjadi langganan artis Korea Selatan sebagai koleksi terbarunya.
Masuknya batik ke dalam koleksi Kim Seo Ryong merupakan hasil kolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection (ITPC).
Baca juga: Dua Teknik Pewarnaan Batik Baru Tampil di Peragaan Busana Iwan Tirta
Kim Seo Ryong merupakan brand fesyen yang rancangannya pernah dikenakan Kim Soo Hyun, Gong Yoo, Park Bo Gum, Nam Joo Hyuk, dan Lee Min Ho.
Dalam keterangan remsinya, Kim membeberkan alasan memgapa ia menjatuhkan pilihan pada batik dan menggandeng Iwan Tirta.
Ia menilai sang maestro batik dapat memberikan perspektif redefinisi menswear modern.
Kim sebelumnya mempelajari motif batik yang terdapat pada arsip Iwan Tirta. Pilihannya kemudian jatuh pada motif-motif Nusantara berwarna cerah.
Motif tersebut dipilih lantaran menarik untuk kalangan mapan di Korea dan memiliki kesan timeless.
Dalam hal ini, Kim memang memilih sejumlah motif batik khas Jawa. Namun, ia juga memasukkan motif batik asal Sumatra hingga Nusa Tenggara.
Baca juga: Berebut Merek Iwan Tirta...
Kim punya ketertarikan pada batik karena warisan khas Indonesia ini sejalan dengan kecintaannya bereksperimen dengan berbagai material.
§
Ia mengaku sangat menikmati proses pengembangan bahan, mulai dari mendesain motif dan mengombinasikan berbagai tekstur dan warna.
Di samping itu, desainer yang karyanya pernah dipakai Psy tersebut juga doyan mencoba berbagai teknik celup.
Kim mengatakan, kolaborasinya dengan Iwan Tirta menghasilkan sinergi sehingga ia bisa meng-upgrade karya ini menjadi lebih bernilai.
Ia juga menginginkan batik lebih dikenal oleh publik Korea melalui desain yang sesuai tema dan selera masyarakat di negaranya.
Ia berharap masuknya batik ke dalam koleksinya dapat diterima publik Korea sehingga mereka lebih tertarik dengan jenis dan cara pembuatan kain khas Indonesia ini.
Baca juga: Persembahan Iwan Tirta untuk Indonesia
Kim Seo Ryong x Iwan Tirta
Di negara asalnya, Kim Seo Ryong dikenal sebagai brand yang identik dengan koleksi luxury menswear.
Koleksinya mengintegrasikan konsep tailored suit dan perfect fit dalam sebuah look.
Seperti yang sudah disebutkan bahwa rancangan Kim Seo Ryong telah dikenakan oleh beberapa pesohor Korea.
Bahkan boyband yang sedang nge-hits saat ini, BTS, memakai koleksi Kim Seo Ryong kala menghadiri Grammy Awards 2019.
Baca juga: Pusaka Iwan Tirta, Kisah yang Belum Terungkap
Kim sebagai desainer memang aktif berpartisipasi dalam gelaran Seoul Fashion Week sejak tahun 2001.
§
Ia juga pernah memamerkan karyanya di ajang New York Fashion Week untuk koleksi Fall/Winter 2014.
Meski namanya di Negeri Ginseng sudah mentereng, Kim sebenarnya berasal dari latar belakang pelukis.
Namun, dia memulai karier sebagai desaniner secara organik kala temannya pernah meminta tolong untuk dibuatkan gaun pengantin.
Dari situ, Kim banting setir dan memutuskan untuk membuka butik pertamanya pada tahun 1995.
Melalui pengalamannya di textile development pula, Kim fokus mematangkan desain dan potongan tailored yang ideal.
Baca juga: Koleksi Masterpiece Iwan Tirta di Plasa Senayan
Fondasi berkarya itulah yang tercermin dalam serangkaian koleksi sehingga terkesan fluid dan agile.
Itu bisa dilihat pada silk flare pants, relaxed fit suit, atau komnbinasi elemen retro dengan modernitas yang menjadi cermin identitas desain Kim yang relevan.
Relevansi itulah yang membuat karya Kim diterima publik dan diakui di Helps fesyen di Korea.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompascom. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.Sincery BTS ARMY INDONESIA
SRC: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/04/112756720/brand-fesyen-langganan-artis-korea-jadikan-batik-sebagai-koleksi
powered by Blogger News Poster
Posting Komentar
0 Komentar